Perjalanan ke Jepang - Oktober 2015

April 26, 2016







Jepang, salah satu negara yang ada dalam bucket-list saya. Setelah beberapa kali berencana ke Jepang yang ujungnya hanya wacana mengingat katanya Jepang itu mahal dan sepertinya butuh waktu buat nabung supaya jalan-jalannya puas, akhirnya Suamiku, Pras, beli tiket ke Jepang kira-kira 3 minggu sebelum berangkat. Dadakan ya? iya banget.



Tiket pesawat ini punya cerita sendiri juga. Pras sering business trip, gak sering banget sih.. tapi jarak business trip nya yang lumayan jauh, jadi poin pesawatnya dikumpulin dan Puji Tuhan bisa kita pake buat ke Jepang pulang-pergi 2 orang. YEAY!!! eits, jangan senang dulu, masih ada pajak yang harus kita bayar, haha. Gak banyak sih.. harga pajaknya itu setengah harga tiket PP untuk 1 orang aja kok. Ternyata booking pesawat dengan menggunakan  point frequent flyer itu gak semudah beli tiket biasa, kita harus masuk di waiting list dulu, mungkin juga karena kita bookingnya di bulan september untuk perjalanan di bulan oktober alias terlalu mepet. Singkat cerita, Pras akhirnya dapet tiket untuk keberangkatan tgl 15 Oktober, dan pulang 22 Oktober, totalnya 8 hari. Oiya, pesawat yang kita pake Singapore Airlines. 


Yay!! akhirnya kita ke Jepang!!!! 



***



Persiapan Ke Jepang


Beberapa persiapan yang kita lakukan sebelum ke Jepang :


1. Tiket seperti yang sudah saya ceritakan diatas, tiket pesawat ini FREE pake poin KrisFlyer Singapore Airlines , gak free banget juga sih.. kita tetep bayar pajak.


2. Visa - Karena sama-sama sibuk (waktu itu saya masih kerja, dan resign 4 hari sebelum berangkat), saya gak ngurusin visa sendiri. Kita dibantu sama travel langganan kantornya Pras. Sebenernya ngurusin sendiri juga gak susah dan cepet kok (klik disini untuk lengkapnya). Dalam pengurusan visa ini kita  sempet mengalami sedikit masalah. Passport saya itu dibikinnya di Palu dengan alamat Palu, jadi untuk pengajuan visa, saya harus apply dari Makassar. Nah, karena waktu kita ngajuin visa dan tanggal berangkat gak nyampe 2 minggu, jadi dari travel menyarankan saya untuk mengganti passport menjadi e-passport. Kebetulan juga, passport saya masa berlakunya habis di bulan maret 2016. Akhirnya, saya membuat e-passport dan tidak perlu mengajukan visa lagi, saya mendapatkan waiver selama 15 hari.


3. Japan Rail Pass also called JR Pass.  Apa sih JR Pass ini? JR Pass ini cara ekonomis buat jalan-jalan di Jepang. Bukan hanya di Tokyo aja, tapi kita bisa ke kota lainnya dengan JR Pass, free. Singkatnya, JR Pass ini bisa digunakan untuk kereta biasa dan shinkansen. Line kereta yang ada di Jepang gak hanya JR aja, tapi ada line lainnya misalnya Metro. Jadi, kalo mau mendatangi satu tujuan yang tidak ada line JR nya, kita bisa beli tiket untuk line  lain di stasiun. Selama di Jepang sih, saya dan Pras selalu berusaha menggunakan JR Line. Sayang yaaa, kalo udah beli tapi pake nya hanya sekali-sekali aja. Harga JR Pass ini kurang lebih 3,5juta rupiah per orang untuk 7 hari, dan bisa dibeli di Indonesia. Untuk informasi lengkapnya bisa cek di sini :)


4. Cuaca - Ini penting. Saat akan ke Jepang diawal oktober, disana sudah masuk ke musim gugur. Jadi, saya cukup sering cek weather disana atau nanya-nanya ke temen yang tinggal di Jepang. Nge-cek cuaca itu penting untuk bantu saya memutuskan baju apa yang harus saya bawa. Pengennya sih light pack aja, tapi mengingat disana udah mulai dingin - dan saya gak kuat dingin - jadi harus bawa outer yang tebel, stocking dan sepatu yang nyaman. 


5. Itinerary - Sebelum nyusun itinerary, saya mencoba mencari dulu tempat-tempat apa saja yang ingin saya kunjungi. Pras punya satu tujuan yang HARUS BANGET dia datangi: Norikura Dake, yang ada di Matsumoto, Nagano. Kenapa Norikura Dake? Karena Pras mau sepedahan disana. Lengkapnya nanti akan saya bahas sendiri ya. Sedangkan saya ingin sekali ke Universal Studio Japan di Osaka instead of Disneyland/sea. Kenapa USJ? Karena ada Harry Potter-nya hehe. Selain 2 tempat tadi, kita juga mau nyari tempat makan yang enak-enak. Untuk mencari tempat-tempat yang akan saya kunjungi di Jepang, saya menggunakan beberapa website ini untuk membantu saya :

untuk perjalanan disana saya menggunakan hyperdia (hyperdia.com) yang khusus untuk line JR dan google map di Iphone.


6. Hotel - Harga Hotel di Jepang emang mahal-mahal ya.. huft. Hotel yang kita cari sih, sebisa mungkin harus sangat dekat dengan Stasiun Kereta. Ini membantu kalo lagi bawa barang banyak (dan kita kan bawa sepeda yaaaa) jadi, penting banget hotel deket Stasiun.


7. Money Changer - Ini hal terakhir yang saya lakukan. Kira-kira 3 hari sebelum berangkat saya menyicil untuk menukar Yen. Beberapa tempat saya datangi, selalu kosong. Saya mendatangi salah satu Money Changer di Tebet tapi saya lupa namanya :( (letaknya di seberang Abuba, bangunannya warna hijau), gak banyak sih tapi 2 hari berturut-turut dateng tempat ini selalu ada Yen nya. Yang paling lengkap ternyata di Melawai, saya bisa langsung menghabiskan budget rupiah saya untuk di tukarkan ke Yen. Lagi-lagi saya lupa nama tempatnya, tapi seharusnya di Melawai banyak ya, soalnya disana kan ada little tokyo hihi..



***


Okay. Persiapan selesai. Kita bersiap-siap berangkat ke Jepang!! Yeay!

You Might Also Like

0 comments

Facebook

PV